Thursday, April 26, 2012

Kemensos Kerahkan Tagana Di Pulau Sumatera

Kemensos Kerahkan Tagana Di Pulau Sumatera



Konferensi press terkait pengerahan TAGANA ke sumatera
Bencana gempa bumi yang terjadi pada Rabu (11/4) pukul 15.38 WIB berkekuatan 8,5 SR di Kabupaten Simeuleu Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam  (NAD) dirasakan pula di provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu dan Lampung. Hingga berita ini diturunkan jumlah kerusakan masih dalam verifikasi dan pendataan.


Dalam Konferensi Pers yang digelar oleh Biro Humas Kementerian Sosial pada Kamis (12/4) di Ruang Media Centre Lantai I, Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri dan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Moch Helmi, menyampaikan bahwa Kementerian Sosial sudah berkoordinasi dengan instansi terkait dan seluruh dinas sosial provinsi serta kabupaten/kota yang terkena dampak bencana serta mengerahkan personil Tagana di provinsi NAD sebanyak 1.103 orang, Sumatera Utara 800 orang, Sumatera Barat 1.200 orang, Bengkulu 425 orang, serta Lampung 630 orang. Termasuk telah didistribusikannya bantuan darurat dari buffer stock yang ada di dinas sosial provinsi serta kabupaten/kota, permakanan, sandang, kid ware, food ware, family kit dan beras. Serta penambahan bantuan darurat dari pusat berupa tenda gulung, matras, sandang dan papan sebesar Rp. 1.043.360.800 (satu milyar empat puluh tiga juta tiga ratus enam puluh ribu delapan ratus rupiah).

Dukungan peralatan penanggulangan bencana berupa tenda pengungsi, tenda keluarga, tenda dapur umum, MCK serta sarana mobilisasi berupa mobil rescue, tangki air, truck, dan mobil dapur umum lapangan yang ada di provinsi serta kabupaten/kota telah dikerahkan.

Sebagai upaya tindak lanjut, Kementerian Sosial akan melakukan pendataan jumlah korban dan kerusakan rumah akibat bencana gempa dan melakukan pendistribusian bantuan darurat kepada masyarakat yang masih memerlukan di tempat pengungsian serta meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi bila terjadi gempa susulan.

Sumber:
http://linjamsos.depsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=19
Dipublikasi pada Friday, 13 April 2012 oleh ria
Di tulis oleh : Niken Ayu Indrawati

No comments:

Post a Comment