Friday, May 4, 2012

Gua Lowo - Trenggalek, East Java


Trenggalek

Gua Lowo (Guo Lowo) terletak di desa Watuagung, Watulimo kabupaten, sekitar 30 km Tenggara dari kota Trenggalek, dalam perjalanan ke Prigi Beach, Karanggongso Beach, Damas Beach. Ketika pengunjung telah diterima oleh udara segar dan pegunungan yang sejuk dengan aroma hutan jati, karena lokasi gua Lowo dikelilingi oleh hutan jati. Dari area taman untuk gua, jalan dibagi hutan jati. Dan ketika tiba di mulut gua, para wisatawan disambut oleh sebuah ruangan gua yang luas yang terlihat seperti aula. Atap gua sekitar 20-50 meter, sedangkan lebar sekitar 50 meter. Dinding gua yang dihiasi oleh berbagai macam panorama dan dekorasi. yang indah dari dinding dengan stalaktit dan stalagmit, yang terlihat begitu artistik dengan cahayanya. Berdasarkan orang gua ahli, Mr Gilbert Manthovani dan Dr Robert K Kho tahun 1984, dinyatakan bahwa Lowo gua adalah gua alam besar di Asia tenggara dengan panjangnya adalah 800 meter, sembilan kamar utama dan beberapa kamar kecil. Untuk menikmati keajaiban dan keindahan gua, ada jembatan dan lampu listrik artistik panjang gua. Luar gua ada taman bermain fasilitas untuk anak-anak dan area parkir yang luas. Para Pendiri Lowo Gua Seorang pria bernama Lomedjo adalah datang ke hutan mencari tempat untuk meditasi memiliki. Kemudian, ia menemukan sebuah gua kecil yang cocok untuk meditasi, yang dekat dengan kolam renang. Dia bernama kolam sebagai 'kolam biru' (Kedung biru). Terletak adalah sekitar 600 meter dari gua Lowo (tempat ini masih digunakan untuk tempat meditasi oleh beberapa orang). Karena berdoa dan upayanya mengemis kepada Allah, akhirnya ia mendapat mimpi bahwa ada sebuah gua besar di sekitar tempat meditasinya, yang yang menjadi kulit binatang. Suatu hari, ia menemukan sebuah gua, besar gelap dan bau. Karena ada banyak kelelawar di dalam gua itu, maka gua ini disebut gua Lowo. Dan tempat meditasi adalah sekitar 600 meter dari sisi timur gua Lowo.

No comments:

Post a Comment